tranlate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 02 Desember 2011

CS1 vs Satria FU150 vs Jupiter MX

 cs1 vs satria fu150 vs jupiter mx
Mampukah andalah baru Honda yaitu City Sport One menandingi rival nya yaitu Yamaha Jupiter MX dan Suzuki Satria FU150?
Edi Darmawan yg menjabat sebagai marketing manager PT Indomobil Niaga Internasional mengatakan “FU unggul teknologi”, sedang Bambang Asmarabudi sebagai GM marketing & promotion PT Yamaha Motor Kencana Indonesia menuturkan “Dengan cc lebih besar, performa dan tampilan lebih maju saya kira MX masih kuat bertarung dengan CS-1″.
Honda CS-1
honda cs1
Motor ini unggul telak soal riding position. posisi stang, stepbar dan jok terasa pas. dijamin tidak membuat punggung cepat pegal. responsif dan tenaganya pas. gelagat motor saat menikung cepat di tikungan mudah dikontrol karena penyaluran tenaga reponsif namun smooth.
CS-1 juga stabil saat dikebut di jalan bergelombang apalagi mulus. kelebihan lain adalah fitur spt panel indikator digital dan dobel cakram untuk bagian pengereman.
Tampangnya futuristik dijamin membuat pengendara lain menoleh. desainnya memang agak aneh, tapi melihat kedepan inilah desain yg bakal banyak dipakai.
Kelemahannya, posisi gigi terkadang suka pindah dengan sendirinya. persnelingnya walau enteng dilakukan ketika memindahkan gigi masih disertai bunyi.
SPESIFIKASI TEKNIS
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) 1.932 x 682 x 1.042
Jarak sumbu roda (mm)1.251 
Jarak terendah ke tanah (mm)130 
Berat kosong (kg)114 
Kapasitas tangki BBM (liter)4,1 
Rangka
Tipe rangkaTwin tube 
Suspensi depanTeleskopik 
Suspensi belakangMonosok 
Rem depanCakram 
Rem belakangCakram 
Tipe & ukuran ban depan70/90-17 
Tipe & ukuran ban belakang80/90-17 
Mesin
Tipe4 langkah SOHC  
Sistem pendinginCair 
Diameter x langkah (mm)58 x 47,2 
Kapasitas silinder (cc)124,7 
Perbandingan kompresi10,7:1 
Daya maksimum (ps/rpm)12,8/10.000 
Torsi maksimum (Nm/rpm)10,2/7.500 
TransmisiManual 5 speed 
Suzuki Satria Fu 150
satria fu150
FU memang unggul teknologi mesin. selain cc yg lebih besar daripada CS-1, mesin FU juga sudah menggunakan kem ganda (DOHC) 4 katup. jadi tidak heran jika powernya unggul 3,2 ps dibanding CS-1. harganya juga lebih murah sekitar 300rb dari CS-1.
Pengendalian motor juga baik meski secara keseluruhan FU harus mengakui keunggulan CS-1 soal riding position. karena mengendarai FU pengemudi harus sedikit membungkuk karena setang bawaan model jepit.
Kekurangan FU ada pada konsumsi BBM yg boros. satu liter paling bisa dipakai jalan tak lebih 30 km. mungkin karena itu motor ini dibekali tangki bensin paling besar. selain itu untuk menyetel klep motor ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena penyetelan tak lagi menggunakan fuller gauge melainkan dengan menanam shim. salah penanganan FU justru gak lari. motor ini juga kurang fungsional karena desainnya murni bebek sport yg tidak menyediakan boks penyimpanan barang.
SPESIFIKASI TEKNIS
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) 1.945 x 650 x 980
Jarak sumbu roda (mm)1.280 
Jarak terendah ke tanah (mm)140 
Berat kosong (kg)109 
Kapasitas tangki BBM (liter)4,9 
Rangka
Tipe rangkaUnderbone 
Suspensi depanTeleskopik 
Suspensi belakangMonosok 
Rem depanCakram 
Rem belakangCakram 
Tipe & ukuran ban depan70/90-17 
Tipe & ukuran ban belakang80/90-17 
Mesin
Tipe4 langkah DOHC  
Sistem pendinginUdara 
Diameter x langkah (mm)62 x 48,8 
Kapasitas silinder (cc)147 
Perbandingan kompresi10,2:1 
Daya maksimum (ps/rpm)16/9.500 
Torsi maksimum (Nm/rpm)12,5/8.500 
TransmisiManual 6speed 
Yamaha Jupiter MX 135 LC
jupiter mx
Sementara desain MX paling sesuai dengan selera masyarakat indonesia. kesannya kental nuansa bebek apalagi harganyapaling murah. tak heran klau motor ini merajai penjualan bebek kategori hi end.
Motor ini juga masih dapat mengakomodir barang belanjaan di dek tengah. suatu hal yg mustahil diterapkan pada CS-1. part variasi add-on atau custom buat MX banyak tersedia. begitu juga bengkel yg sanggup mengopreknya.
MX kalah daya dibanding CS-1 (11,17 ps VS 12,8 ps) tapi MX unggul torsi (11,65 Nm VS 10,2 Nm) jadi MX lebih pas dipakai di jalanan kota yg padat karena situasi jalan spt itu membutuhkan akselerasi hebat.
Sayangnya penyaluran power dari mesin MX cenderung liar. buka gas sedikit saja mesin langsung merespon lewat hentakan. hal lain yg sering dikeluhkan pemilik MX yaitu bunyi ngorok yg muncul saat diajak berakselerasi. mekanisme oper gigi juga ala bebek yaitu 4 speed untuk menaikkan gigi tekan pedal persneling ke depan dan ke belakang untuk menurunkan.
Posisi mengemudi MX juga tidak senyaman CS-1 setang MX terasa lebih mendekati pengemudi. saat dicoba menikung, merebahkan MX tidak semudah merebahkan CS-1,MX justru meng-counterajakan rebah. fitur  MX juga paling sederhana, tak ada panel digital atau cakram belakang. tampilan bebek ini juga sudah masanya mengalami penyegaran.
SPESIFIKASI TEKNIS
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) 1.945 x 705x 1.065
Jarak sumbu roda (mm)1.245 
Jarak terendah ke tanah (mm)140 
Berat kosong (kg)104 
Kapasitas tangki BBM (liter)
Rangka
Tipe rangkaDiamond 
Suspensi depanTeleskopik 
Suspensi belakangMonosok 
Rem depanCakram 
Rem belakangTeromol 
Tipe & ukuran ban depan70/90-17 
Tipe & ukuran ban belakang80/90-17 
Mesin
Tipe4 langkah SOHC  
Sistem pendinginCair 
Diameter x langkah (mm)54 x 58,7 
Kapasitas silinder (cc)134,4 
Perbandingan kompresi10,791 
Daya maksimum (ps/rpm)11,17/8.500 
Torsi maksimum (Nm/rpm)11,65/5.500 
TransmisiManual 4 speed

Paket Bore-Up Kawasaki Ninja 250

Daniel -Casey Memiliki Besutan Kawasaki Ninja 250, memang mempunyai kebanggaan tersendiri. Selain mempunyai penampilannya keren, motor yang mengadopsi dua selinder ini juga menjadi ciri kemapanan penunggangnya. 
Walaupun sudah mempunyai kapasitas mesin 250 cc,  tapi tidak ada salahnya menambah performa agar menjadi raja jalanan. Banyak cara untuk  mendongkrak  Kawasaki Ninja 250, salah satunya dengan cara di bore-up. Ngomong-ngomong soal bore-up, bengkel spesialis Kawasaki Ninja yang bernama Motoworld menyediakan paket bor-up untuk Ninja 250.
"Untuk memuaskan konsumen kita menyediakan paket bore-up untuk Ninja 250. Paket pertama yaitu senilai Rp. 4 juta (paket hemat), kedua peket Rp 25 juta," jelas Branden pemilik motoworld.
Paket pertama senilai Rp 4 juta terdiri dari, porting polish, pergantian CDI BRT i-max, satu paket jetting pro, dan filter udara merek KNN.
Paket kedua yang dipatok Rp 25 juta meliputi, porting polish bagian mesin, Piston memakai JE piston, gigi rasio racing aftermarket, kips acerbis, CDI BRT, koil eliminator, filter udara KNN, dan knalpot CLD.  
"Kalau paket yang kedua Ninja 250 cc-nya naik menjadi 280 cc," tutup Branden.

Motoworld
Jl. Raya Tajur No. 189, Bogor.
Tlp : 0251-8392548

Modif mesin Honda CS1

Mungkinkah Bore-UP Honda CS1? jawabannya mungkin banget!
Honda CS1 memang masih menggunakan teknologi Single Over Head Camsaft (SOHC), dengan dua buah klep, selain itu liner di blok silinder dikelilingi water jacket karena memang menggunakan sistem pendingin cair. meski begitu bukan berarti ni motor tidak bisa diutak-atik.
mesin cs1
CS1 ini berbasis mesin honda sonic 125. sebagian besar spesifikasinya sama persis. fakta mesin sonic bisa disulap dari yang semula cuma pakai 1 kem dan 2 klep, jadi 2 kem plus 4 klep sudah berbicara. bahkan kapasitas silindernya bisa didongkrak hingga 200 cc lebih!
caranya dengan mengganti blok plus kepala silinder honda CBR 150, teknologi mesin CS1 sudah bisa berubah jadi DOHC 4 klep dan kapasitasnya jadi 150 cc kayak CBR 150 jelas Suar mekanik Bintang Rancing Team di Cibinong, Jabar. karena memang posisi baut blok silinder mesin CS1 sama dengan CBR. langkah toraknya (stroke) pun sama2 47,2 mm.
secara teori si memang bisa tapi kami belum pernah mencoba” jelas Endro Sutarno, divisi training service PT AHM.

Engine new motorsport 150 Honda adalah versi bore up dari CS-1??….

Kencang?? tidak ada yang mengingkari. Kendati banyak hujan kritikan akibat desainnya yang menabrak pakem tren pasar, CS1 tetap disukai khususnya kemampuan engine yang diatas rata-rata. Maklum mzbro…siapa yang tidak kenal mesin Honda Sonic…silegendaris ayago kubikasi 125cc yang terkenal ngacir. Nah…entah mengapa, dugaan mayoritas blogger tentang next motorsport 150 Honda bakal nyomot dari basic konsep engine sikuda besi. Mosok??…
Sebenarnya sih Cukup pantas mzbro. Sekarang coba sampeyan intip mesin CS-1. Dengan diplacement engine 125cc, CS-1 mampu memuntahkan tenaga hingga 12,8ps….sebuah pencapaian fantastis jika menilik mungilnya volume ruang bakar. Mumpuninya mesin disinyalir akibat kombinasi gear transmisi yang mencapai 5 speed, pendingin radiator, konstruksi daleman yang memang dirancang khusus untuk high rpm serta berbagai komponen penunjang yang tidak bisa disebutkan satu persatu….
So…jika mengintip bocoran tipe mesin yang disandang adalah SOHC…kans terkuat menjadi calon jantung next motorsport Honda teralis sangat masuk akal seandainya nyomot basic konstruksi engine dari gen Sonic. Tinggal bore up menjadi 150cc, gear ratio dibikin rapat supaya accelerasi yahud plus penambahan 6 speed sebagai penyeimbang nafas yang pendek, pengabut PGM-FI (fuel injeksi), radiator, ECU mapping serta oprekan pada sektor daleman engine dikombinasikan low friction part, bukan hal yang susah bagi Honda untuk membuatnya tembus hingga 16hp….
Itu kalau Honda ingin tekan ongkos R & D. Kecuali pabrikan sayap mengepak malah sudah mengalokasi dana meriset engine SOHC baru sebagai bentuk investasi masa depan. Malah makin maut mzbro!!!. Last…ini hanya analisa prbadi. Toh….bocoran detil masih seputar clue ringan….yakni power diatas Megy, dan response engine lebih baik dari CBR150. Artinya….14-15hp plus torque 14 nm sudah cukup. Gimana brother jika prediksi benar. Setuju nggak kira-kira mesin CS-1 yang dipilih. Monggo share opininya……

Suzuki Nex 2012 Hadir Bulan Depan

SuzukiNex 7 Suzuki Nex 2012 Hadir Bulan DepanJAKARTA (DP) — Suzuki Nex yang digadang bakal menjadi skutik baru andalan Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan hadir Desember 2011.
Jadwal pelucuran Nex mundur, seharusnya November, karena beberapa kendala. Kabarnya banjir besar yang melanda Thailand mengggangu pasokan komponen untuk produksi Nex.
Bocoran dari SIS, Suzuki Nex akan tetap dirilis tahun ini. “Dari rencana November kemungkinan mundur pada Desember,” bisik sumber tersebut. “Nex dibekali dengan mesin baru serta frame anyar yang ringan,” tambah sumber tersebut.
Suzuki Nex menggendong mesin 1-silinder berkapasitas 110 cc yang mampu menghasilkan tenaga 9,3 hp pada 9.000 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.500 rpm. Lontaran tenaganya lebih besar dibanding Yamaha Mio (8,3 hp) dan Honda Beat (8,2 hp).
Tidak hanya itu, dari segi bobot, Nex lebih ringan dari kedua pesaing utamanya. Nex memiliki berat 87 kg sedangkan Mio dan Beat, 89 dan 92 kg.
Yang paling menarik adalah konsumsi bahan bakar Nex mampu mengungguli Beat dan Mio. Nex diklaim 52 km/liter, sedangkan Beat 45 km/liter dan Mio 40 km/liter. Suzuki Nex juga memilik volume bagasi yang cukup luas, yakni 4,5 liter. [dp/Wyu]

Rabu, 30 November 2011

Paket Bore-Up 150 cc Buat Honda Beat Dan Vario, Banderol Rp 2-6 Juta Siap Balap!

Salah satu yang ramai di balap skutik adalah kelas 150 cc. Mengingat ubahan pada mesin tak terlalu ekstrem, otomatis ongkos untuk membangun besutan juga tak terlalu mahal. Semua merek pun bisa berpartisipasi di kelas ini.
Tak terkecuali skutik buatan PT Astra Honda Motor (AHM), BeAT dan Vario. Nah agar bisa bersaing apa saja sih yang diubah? Ternyata tak hanya ganti piston.
“Utamanya ganti piston pakai yang lebih gede, namun biar maksimal ada ubahan pada part lainnya,” sahut Taufan Zurfiah Taufik atau Taufan, pemilik bengkel TZT Speed Shop (TZT SS) di Jl. Fatmawati Raya, No.40A, Jaksel.

Oh ya, paket ini juga tak menutup kemungkinan diaplikasi pada besutan harian lo, namun tentu saja speknya sedikit diturunkan.

Piston

Diganti dengan yang berdiameter besar sebagai salah satu cara menaikkan kapasitas mesin. “Buat bore-up 150 cc, cukup pake seher 58,5 mm,” urai Oscar ‘Padang’ mekanik DMS Motowork di Jl. Asem Dua No.38, Pangeran Antasari, Jaksel.


Kepala Silinder 

Diporting & polish jadi menu wajib kalau mau bore-up. Itu buat melancarkan aliran masuk bensin dan keluarnya gas buang. Klep bisa pakai asli atau aftermarket. Tapi per-nya kudu pakai produk aftermarket demi mencegah floating. 

Noken As

Inilah pengatur kinerja klep. “Standarnya dilakukan ubahan pada durasinya, atau bisa juga pakai produk aftermarket,” ulas Julius Johny dari Johny Holle Motor (JHM) di Jl. Karya 2, Daan Mogot, Jakbar.

CDI & Koil


Agar nafas mesin lebih panjang, CDI pakai tipe racing. Demikian juga koilnya agar percikan api lebih besar, sehingga pembakaran lebih sempurna. Tapi, “Kalo untuk harian, standarnya sudah cukup,” saran Taufan yang rajin bikin skutik bore-up buat balap resmi.

Karburator & Knalpot

Penggantian kedua part ini disesuaikan kebutuhan, untuk harian tentu sesuai selera dan dana, jadi bisa pakai karbu gambot dan knalpot aftermarket. Nah, jika untuk balap mesti disesuaikan regulasi. Tetap pakai standar atau boleh diganti.

Mio Ngibrit Pake Piston Smash

 Untuk harian, bore up nggak perlu besar. Asal tenaga naik, motor lumayan ngibrit dengan modal irit. Bagi, pengguna Yamaha Mio, silakan tiru Utomo, mekanik Tom’s Racing di Pondok Benda, Pamulang. “Manfaatkan piston Suzuki Smash, naik bore jadi 53,5 mm. Biaya nggak banyak, tapi tenaga maksimal,” terang mekanik dengan rambut dicat merah ini.

Aslinya kan bore x stroke Mio = 50 x 57,9 mm. Jadi, secara langsung, mengubah bore jadi 53,5 mm, kapasitas jadi naik lebih dari 120 cc. Tapi, tentu nggak langsung pasang. Pertama, musti gedein blok dengan bubut liner dulu agar piston 53,5 mm bisa masuk. Tidak perlu ganti boring, cukup dikorter.

Lalu, bubut lubang pin 1 mm. Karena, pin setang piston punya Mio kan 15 mm. Sementara, bawaan piston Smash punyalubang hanya 14 mm. “Jangan lupa minta juga ke tukang bubut untuk bikin got buat klip atau spi setang piston,” terang pria berbadan mungil ini.

Juga jangan lupa untuk minta agar tinggi piston disesuaikan. Aslinya, di piston Smash jarak dari ring ketiga ke pantat piston 31 mm. “Nah, papas bagian bawah sampai nyaris rata. Jarak ke ring paling bawah jadinya hanya 22,5 mm,” kata mekanik yang masih sering oprek mesin balap 2-tak ini. Kelar itu, pasang deh. Enggak perlu utak-atik kepala piston atau dome, juga ubah kepala silinder. “Karena diameter dalam squish piston Smash sekitar 44,7 mm. Nah, di head asli Mio sampai 50 mm. Jadi mendem, deh. Enggak bakal nabrak,” papar mekanik berkulit rada gelap ini. Sekarang ngomongin biaya? Piston Smash satu set berikut ring cuma di kisaran harga Rp 98 ribuan. Biaya bubut paling nggak sampai Rp 100 ribu. “Yang sudah jadi juga ada. ”Dibanderol Rp 300 ribu,” kata Utomo yang siap dikontek di nomor (021) 923-32-976. Halo, capa nih?

Tinggi piston dan lubang pin juga disesuaikan

BORE UP Honda Legenda 100 CC

Mendongkrak tenaga mesin Honda 100cc itu susah-susah gampang. penyebabnya, jarak keempat baut silinder terlalu dekat dengan liner atauboring. karena terlalu dekat, susah untuk dibore up gede-gedean, itu karena pilihan diameter piston pengganti jadi terbatas.
kalo enggak tahu cara mengakalinya, memang begitu. tanpa geser baut mesin, paling besar hanya bisa pakai piston 54-55 mm. itu pun, boring sudah tipis dan mesin jadi cepat panas.
untuk mengakali masalah ini, honda legenda dengan 100cc bisa adopsi piston hondaSonic dengan diameter piston 58 – 60mm.
yang mesti dilakukan pertama kali adalah bongkar seluruh mesin, artinya bagiancrankcase juga ikut dibuka.
setelah itu, bubut bagian mulut crankcase yang menghadap pantat blok silinder sebanyak 3mm. bagian crankcase tetap kudu dibubut agar boring baru bisa masuk.
crankcase_legenda.jpg
kemudian lanjut ke silinder blok sendiri, sebelum memasang atau menentukan liner piston baru, kudu bilang ke tukang bubut, jelaskan papas bagian blok yang punya jarak renggang dengan baut blok sebanyak 2 mm.
jika langkah pertama sudah, lanjut membubut bagian blok yang berjarak lebih rapat. minta ke tukang bubut untuk menyamakan diameter agar berbentuk bulat sepenuhnya.
blog_legenda.jpg
tapi tukang bubut pasti sudah tahu harus bagaimana selanjutnnya, karena mereka juga biasanya sudah berpengalaman.
nah… setelah itu baru pasang liner baru dengan diameter 60,5 mm, lalu tinggal pasang piston. mau ukuran 58 atau 60 mm, tinggal tentukan sesuai kebutuhan.
setelah semua proses diatas dilakukan, sudah tentu kompresi melonjak dan tenaga lebih yahut…, karena kompresi tinggi, maka alangkah baiknya jika menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi, untuk menghindari ngelitik karena knocking.
demikian, silahkan coba.

Senin, 28 November 2011

Tiga hal Yang Bikin Kawasaki Ninja Jadi Garang

Tiga Hal Bikin Kawasaki Ninja Makin Garang
Kawasaki Ninja. Mendengar namanya saja udah kebayang kekuatan nih motor. Sejak kemunculannya dan terus berjaya didunia balap liar dan resmi di tanah air, membuat nama Ninja makin berkibar. Jangankan untuk balap, untuk harian aja, tenaga nih motor dengan mesin standarnya udah sangat mumpuni. Tinggal seberapa berani penunggangnya menarik pedal gas sampai mentok.
Kendati demikian, masih ada bikers yang punya nyali besar dan merasa gak puas sama lari si Ninja. Nah untuk itu, bengkel D2M Hasil Kebon yang udah berdiri sejak tahun 99 dan terjun di dunia balap pake Kawasaki Ninja, punya cara sendiri bikin Kawasaki Ninja makin garang dengan mesin standar nya.
“Ninja RR kalau hanya untuk harian agar lebih enteng cukup lakukan tiga hal, pertama naikit pilot jet nya jadi 25. Dan untuk mengejar hasil yang lebih maksimal, kenalpot standarnya diganti pake knalpot kolong dan rubah timing pengapian dengan sedikit dimajukan,” jelas Didi Nurhadi.
Terus kalau Ninja R gimana? perlakuan buat Ninja R gak jauh beda dengan Ninja RR, cuma untuk Ninja R, pilot jet nya pake yang ukuran 52 atau 55.
Kalau sudah dilakukan perubahan seperti diatas tapi masih gak puas? Ganti karburatornya pake karburator PE. Tapi kalau mau tetep pake karburator bawaannya Ninja, rubah pilot jet, timing pengapian dan porting. Jika hal ini sudah dilakukan, Didi menjamin kecepatannya bisa tembus angka 200 km/jam dengan kondisi gas belum mentok, alias masih bisa ditingkatkan lagi.
“Kalau mau bener-bener kenceng dan maksimal banget, ganti karburatornya pake PE 28 buat 

maksimalin di tarikan bawah, rubah timing pengapian dan porting. Gw jamin lari 200 km/jam aja mah gas belum mentok,” jelas Didi lagi.
“Dengan mesin standarnya Ninja RR jelas lebih galak dari Ninja 250, apalagi kalau udah lakukan perubahan seperti tadi, makin gampang lah ngalain Ninja 250,” pungkas Didi.
Hal Serupa juga diakui Safiih yang akrab disapa Jeck sang mekanik dari bengkel 7 saudara. “Kalau Ninja RR standarnya mah udah bisa ngalahin Ninja 250. Tapi kalau mau lebih galak cukup ganti knalpot dan seting karburator,” jelasnya.
Masalah yang sering terjadi pada motor Kawasaki Ninja terutama keluaran tahun 2007 keatas biasanya katupnya sering macet. Untuk mengatasi masalah ini agar bisa mendukung rubahan tadi, tinggal naikkan setelan pompa oli biar sedikit boros. Hal ini dimaksudkan agar katup gak gampang kering.
#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.

Ninja 150RR,Kental Aroma Racing

Ninja 150RR, Kental Aroma RacingIngin tampil layaknya seorang pembalap dengan motor full fairingdan mampu melesat cepat, menjadi alasan Robby Akbar Senja memilih Kawasaki Ninja RR sebagai tunggangannya. Tapi emang dasar manusia yah, enggak pernah ada puasnya deh.Hehehe…
Awalnya motor 150 cc tersebut hanya diberi cutting sticker supaya aroma racing nya lebih kental. Tapi itu enggak bertahan lama, pasalnya Robby mengganti seluruh bodi motornya dengan bahan fiber. “Bentuknya sih enggak jauh dari standarnya, cuma dibuat jadi lebih sporty,” katanya.
Robby yang juga piawai merakit bodi dari bahan fiberglass membuat sendiri bodi motornya. Proses pengerjaan bodi memakan waktu sekitar 2 minggu. “Tapi proses pemasangan di motor sekitar 1 hari kok,” kata Robby yang buka bengkel Rotary Custom di bilangan Depok.
Biar kesan balapnya makin terasa, cover jok belakang dipasang. Tapi pastinyacover tersebut mudah dilepas biar tetap bisa bonceng si Ayank.  Sayangnya, penerangan kala malam jadi berkurang, karena lampu yang terpasang terlihat enggak maksimal.
Warna asli motor yang hijau khas pabrikan Jepang tersebut tetap dipertahankan, tapi diberi corak air brush model grafis yang memenuhi seluruh bagian bodi motor buatannya. Enggak ketinggalan velg pun diberi sentuhan cat warna putih.
Dan yang enggak boleh ketinggalan, bagian mesin ikut dioprek oleh pria yang mengaku ganteng tersebut. hihihi,, pedeh abees nih bro yang satu ini..
Valve V-Force 3 karbon, knalpot racing, porting-polish sudah cukup bikin Kawasaki Ninja miliknya jadi makin ngaciirrr. Jadinya makin matching sama tongkrongan yang sudah terlihat bergaya balap banget itu.
Ada yang berani ngejar?
Spesifikasi
Bodi                             : Full custom
Knalpot                        : Racing custom
Valve                            : V-Force
Mesin                          : Porting-polish