tranlate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 05 Mei 2012

Hasil qualifikasi Moto Gp Portugal

 Casey Stoner berdampingan dengan pembalap Pramac Ducati Hector Barbera pada FP II MotoGP Portugal, Jumat (4/5/2012)/Getty Images
Casey Stoner berdampingan dengan pembalap Pramac Ducati Hector Barbera pada FP II MotoGP Portugal, Jumat (4/5/2012)/Getty Images
ESTORIL – Casey Stoner berhasil mengambil alih posisi teratas pada sesi latihan kedua MotoGP Portugal di Sirkuit Estoril.

Berbeda dengan sesi latihan pertama pada Jumat (4/5) pagi waktu setempat yang berlangsung dalam kondisi trek basah, sesi latihan kedua pada siang harinya trek sudah kering.

Ke-21 pembalap pun berpartisipasi dalam free practice II—Jorge Lorenzo dan Hector Barbera tidak ikut free practice I—, di mana pembalap Yamaha Ben Spies yang tercepat di FP I kembali tampil konsisten di FP II.

Catatan waktu Spies di FP II bahkan lebih baik di FP I. Spies mencatat waktu 1 menit 38,717 detik. Namun, Spies hanya menempati kedua karena dikalahkan Stoner yang membukukan waktu tercepat 1 menit 38,396 detik.

Stoner yang memburu kemenangan pertamanya di Estoril mencatat waktu tercepatnya itu di lap ke-13 dari 16 lap yang dia lakukan.

Pembalap satelit Monster Tech3 Yamaha Cal Crutchlow siap membuat kejutan pada kualifikasi Sabtu (5/5) esok dan balapan Minggu (6/5) lusa karena hanya tertinggal 0,346 detik dari Stoner.

Dani Pedrosa—juara MotoGP Portugal tahun lalu berada di peringkat keempat. Rekan setim Stoner ini mencatat waktu 1 menit 38,797 detik.

Sementara Jorge Lorenzo—selalu pole position pada empat balapan terakhir di Sirkuit Estoril, menang pada 2008 hingga 2010, tahun lalu finis kedua--, yang absen di sesi pertama mencatat hasil lumayan di sesi kedua. Pembalap Yamaha ini finis kelima.

Valentino Rossi mesti berjuang keras bila ingin meraih sesuatu pada MotoGP Portugal kali ini. Pembalap Ducati ini hanya berada di posisi kesembilan dan tertinggal hampir satu detik dari Stoner.

Berikut hasil lengkap sesi latihan kedua pada Jumat siang waktu setempat:

1. Casey Stoner Honda 1m38.396s
2. Ben Spies Yamaha 1m38.717s + 0.321s
3. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 1m38.742s + 0.346s
4. Dani Pedrosa Honda 1m38.797s + 0.401s
5. Jorge Lorenzo Yamaha 1m38.930s + 0.534s
6. Alvaro Bautista Gresini Honda 1m38.959s + 0.563s
7. Nicky Hayden Ducati 1m39.029s + 0.633s
8. Hector Barbera Pramac Ducati 1m39.193s + 0.797s
9. Valentino Rossi Ducati 1m39.357s + 0.961s
10. Andrea Dovizioso Yamaha 1m39.615s + 1.219s
11. Karel Abraham Cardion Ducati 1m40.207s + 1.811s
12. Stefan Bradl LCR Honda 1m40.898s + 2.502s
13. Randy de Puniet Aspar Aprilia 1m41.088s + 2.692s
14. Aleix Espargaro Aspar Aprilia 1m41.634s + 3.238s
15. Yonny Hernandez Avintia FTR-Kawasaki 1m41.638s + 3.242s
16. Mattia Pasini Speed Master Aprilia 1m41.973s + 3.577s
17. Michele Pirro Gresini FTR-Honda 1m42.252s + 3.856s
18. Colin Edwards Forward Suter-BMW 1m42.587s + 4.191s
19. Ivan Silva Avintia Inmotec-Kawasaki 1m42.804s + 4.408s
20. Danilo Petrucci Ioda-Aprilia 1m42.984s + 4.588s
21. James Ellison Paul Bird Aprilia 1m43.665s + 5.269s

HASIL FREE PRACTICE 3 MOTOGP ESTORIL: DANI PEDROSA TERCEPAT MESKI RC213V ‘NGADAT’


Walaupun sempat mengalami permasalahan teknis pada motor RC213Vnya hingga mengharuskannya untuk kembali ke pit, namun Dani Pedrosa mampu menguasai jalannya sesi Free Practice terakhir MotoGP Estoril dengan menjadi pembalap tercepat yang mencatatkan waktu 1 menit 37.326 detik, berselisih tipis 0.012 detik dari team-matenya Casey Stoner.

Jorge Lorenzo yang baru saja merayakan ultah ke-25 tahun kemarin menyelesaikan sesi latihan yang berlangsung dalam kondisi cuaca cerah tersebut di tempat ketiga, mengungguli duo rider satelit Yamaha, yakni Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso.
Alvaro Bautista menyelesaikan sesi FP3 di urutan ke-6 dan pembalap Honda Gresini tersebut unggul 0.111 sekon dari Valentino Rossi yang menjadi pembalap Ducati tercepat.
Ben Spies kembali menuai hasil yang kurang memuaskan dengan hanya menjadi pembalap tercepat kedelapan. Ia unggul atas kompatriotnya Nicky Hayden yang menyelesaikan sesi latihan selama 45 menit di urutan kesembilan. Stefan Bradl menjadi pembalap pabrikan yang finish di area sepuluh besar sedangkan pembalap CRT tercepat dalam sesi FP3 ditempati oleh Randy de Puniet di posisi ke-12.
Berikut hasil latihan bebas ketiga MotoGP Portugal yang diselenggarakan di Sirkuit Estoril pada Hari Sabtu, 5 Mei 2012 Saturday’s Free Practice 3 (FP3) results:
Pos. Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time Gap 1st/Prev.
1 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 1’37.326
2 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 1’37.338 0.012 / 0.012
3 99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 1’37.680 0.354 / 0.342
4 35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 1’38.086 0.760 / 0.406
5 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 1’38.273 0.947 / 0.187
6 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda 1’38.332 1.006 / 0.059
7 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 1’38.443 1.117 / 0.111
8 11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 1’38.558 1.232 / 0.115
9 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 1’38.602 1.276 / 0.044
10 6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 1’38.714 1.388 / 0.112
11 8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati 1’38.856 1.530 / 0.142
12 14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 1’39.361 2.035 / 0.505
13 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 1’40.225 2.899 / 0.864
14 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 1’40.374 3.048 / 0.149
15 68 Yonny HERNANDEZ COL Avintia Blusens BQR 1’40.561 3.235 / 0.187
16 54 Mattia PASINI ITA Speed Master ART 1’40.875 3.549 / 0.314
17 51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR 1’41.379 4.053 / 0.504
18 22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 1’41.772 4.446 / 0.393
19 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing Project Ioda 1’42.002 4.676 / 0.230
20 77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 1’42.103 4.777 / 0.101
21 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 1’42.145 4.819 / 0.042

HASIL FREE PRACTICE 2 MOTOGP ESTORIL: CASEY STONER ‘NUMERO UNO’


Casey Stoner menjadi pembalap tercepat dalam sesi latihan bebas kedua MotoGP Portugal yang berlangsung pada sore ini di Estoril. Pembalap Repsol Honda tersebut menorehkan catatan waktu terbaik 1 menit 38.396 detik yang menempatkannya di posisi ‘numero uno’. Berselisih 0.321 detik di belakangnya terdapat rider Yamaha Factory, Ben Spies.

Cal Crutchlow menyelesaikan sesi yang dihelat selama 45 menit tersebut di urutan keempat disusul duo Spaniard, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Sedangkan Valentino Rossi menyelesaikan sesi yang digelar pada kondisi lintasan kering tersebut di tempat kesembilan.
Berikut hasil latihan bebas kedua MotoGP Portugal yang diselenggarakan di Sirkuit Estoril pada Hari Jumat, 4 Mei 2012
Friday’s Free Practice 2 (FP2) results:
Pos. Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time Gap 1st/Prev
1 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 1’38.396
2 11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 1’38.717 0.321 / 0.321
3 35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 1’38.742 0.346 / 0.025
4 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 1’38.797 0.401 / 0.055
5 99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 1’38.930 0.534 / 0.133
6 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda 1’38.959 0.563 / 0.029
7 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 1’39.029 0.633 / 0.070
8 8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati 1’39.193 0.797 / 0.164
9 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 1’39.357 0.961 / 0.164
10 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 1’39.615 1.219 / 0.258
11 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 1’40.207 1.811 / 0.592
12 6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 1’40.898 2.502 / 0.691
13 14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 1’41.088 2.692 / 0.190
14 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 1’41.634 3.238 / 0.546
15 68 Yonny HERNANDEZ COL Avintia Blusens BQR 1’41.638 3.242 / 0.004
16 54 Mattia PASINI ITA Speed Master ART 1’41.973 3.577 / 0.335
17 51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR 1’42.252 3.856 / 0.279
18 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 1’42.587 4.191 / 0.335
19 22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 1’42.804 4.408 / 0.217
20 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing Project Ioda 1’42.984 4.588 / 0.180
21 77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 1’43.665 5.269 / 0.681

Jumat, 04 Mei 2012

HASIL FREE PRACTICE 1 MOTOGP ESTORIL: BEN SPIES PIMPIN LATIHAN PEMBUKA


Ben Spies menjadi pembalap tercepat yang merajai sesi latihan bebas pembuka MotoGP Portugal yang dihelat di Estoril pagi ini. Pembalap Yamaha Factory tersebut mencatatakan waktu tercepat 1 menit 40.813 detik yang membuatnya unggul 0.273 detik dari kompatriotnya Nicky Hayden.

Dalam kondisi lintasan yang kering namun terdapat bagian trek yang basah tersebut, Valentino Rossi menyelesaikan sesi free practice pertama di urutan ketiga di depan Casey Stoner.
Sedangkan Jorge Lorenzo, pembalap yang tengah merayakan ulang tahun ke-25 pada hari ini memilih untuk tidak turun ke lintasan akibat kondisi trek yang kurang kondusif.
Berikut hasil latihan bebas pertama MotoGP Portugal yang diselenggarakan di Sirkuit Estoril pada Hari Jumat, 4 Mei 2012
Friday’s Free Practice 1 (FP1) results:
 Pos. Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time Gap 1st/Prev.
1 11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 1’40.813
2 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 1’41.086 0.273 / 0.273
3 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 1’41.502 0.689 / 0.416
4 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 1’41.943 1.130 / 0.441
5 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda 1’42.230 1.417 / 0.287
6 35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 1’42.291 1.478 / 0.061
7 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 1’42.343 1.530 / 0.052
8 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 1’43.078 2.265 / 0.735
9 68 Yonny HERNANDEZ COL Avintia Blusens BQR 1’43.256 2.443 / 0.178
10 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 1’43.265 2.452 / 0.009
11 14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 1’43.277 2.464 / 0.012
12 51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR 1’43.511 2.698 / 0.234
13 6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 1’43.527 2.714 / 0.016
14 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 1’44.909 4.096 / 1.382
15 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing Project Ioda 1’45.148 4.335 / 0.239
16 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 1’45.636 4.823 / 0.488
17 54 Mattia PASINI ITA Speed Master ART 1’46.004 5.191 / 0.368
18 22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 1’46.271 5.458 / 0.267
Not Classified:
77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 1’52.429 11.616 / 6.158
8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati
99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha

LORENZO SAMBUT HANGAT ROSSI BALIK KE YAMAHA, VALENTINO: TERIMA KASIH, JORGE!


rossiylorenzo
Skenario kembalinya Valentino Rossi untuk membalap di tim Yamaha Factory memang memiliki kesempatan yang tipis. Walaupun demikian, Jorge Lorenzo menyambut hangat kedatangan Valentino Rossi jika eks team-matenya tersebut berkesempatan untuk kembali membalap bersama Yamaha.

Jorge Lorenzo berkata, “Saya tidak merasa keberatan sama sekali. Saya bekerja untuk Yamaha dan jika ada pembalap lain yang cepat saat memakai motor tersebut, kami bisa memperbaiki kesempatan kami untuk menuai kesuksesan.”
Menanggapi sambutan hangat dari Lorenzo, Valentino Rossi belum ingin tergoda dan masih ingin berjuang untuk meraih kesuksesan bersama Tim Ducati.
Valentino Rossi berkata, “Saya sangat berterimakasih kepada Lorenzo dan pada saat sulit seperti ini dia merupakan satu-satunya pembalap yang masih menghormati saya dan saya menghargainya. Tetapi masih terlalu dini untuk membicarakan tentang musim depan. Kami masih harus membuat motor Ducati bekerja. Itulah tujuan kami.”

JELANG MOTOGP PORTUGAL: REPSOL HONDA DAN YAMAHA FACTORY BERSIAP ‘MANGGUNG’ DI ESTORIL UNTUK TERAKHIR KALINYA


Hanya berselang empat hari setelah balapan MotoGP Jerez, para pembalap MotoGP diharuskan untuk bersiap manggung di pentas balapan terakbar MotoGP yang telah memasuki episode ketiga yang bakal diselenggarakan di Sirkuit Estoril, Portugal.

Kemungkinan besar, balapan akhir pekan ini merupakan terakhir kalinya kejuaraan MotoGP singgah ke sirkuit sepanjang 4.182 meter tersebut. Portugal telah sukses menyelenggarakan race MotoGP di Estoril sejak tahun 2000.
Estoril merupakan trek yang menyuguhkan tantangan tersendiri bagi para rider terutama untuk urusan set up motor 1000cc dengan adanya kombinasi salah satu trek lurus terpanjang di kalender MotoGP dan salah satu tikungan paling lambat. Tak hanya itu, trek yang terletak hanya 7 kilometer dari pantai yang berhadapan dengan Samudra Atlantik tersebut dipastikan menghadirkan kondisi cuaca yang berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi.
Para pembalap Repsol Honda dan Yamaha Factory bersiap menatap akhir pekan di Estoril yang dimulai sejak hari Jumat dimana trek akan dibuka untuk sesi free practice pertama. Sesi kualifikasi akan berlangsung pada Hari Sabtu sementara balapan utama dijadwalkan akan digelar pada Hari Minggu. Pada Hari Senin, akan diadakan tes untuk melanjutkan pengembangan motor 1000cc yang diikuti oleh Repsol Honda dan Yamaha Factory Team.
Sebagai pemimpin klasemen sementara MotoGP 2012 dengan perolehan 45 poin, Jorge Lorenzo datang ke Estoril dengan mood positif dan penuh percaya diri. Bukan tanpa alasan, karena Estoril merupakan lintasan favoritnya dimana juara dunia MotoGP 2010 tersebut mampu mencetak empat kali pole position dan kemenangan pada tahun 2008,2009 dan 2010 di kelas MotoGP.
Jorge Lorenzo:
“Kami akan pergi ke Estoril, trek dimana saya selalu memperoleh hasil yang bagus. Saya sudah pernah memenangkan balapan hebat di sana dan sangat menikmati balapan. Saya pikir kami bisa sangat tangguh saat balapan. Sama seperti Jerez saya pikir pemilihan ban yang tepat akan sangat penting. Kami memimpin klasemen tetapi kompetisi sangat sulit. Jadi kami harus melakukan semuanya untuk dicoba dan bertahan di depan. Kami juga akan melakukan tes pada Hari Senin yang akan penting untuk melanjutkan perbaikan pada motor M1 1000cc.”
Ben Spies bertekad untuk mengubah ketidakberuntungannya dalam dua seri awal MotoGP 2012 dimana pembalap yang tinggal di Lake Como, Italia tersebut terlempar di luar posisi finish sepuluh besar. Di Jerez, Texas Terror mengaku kehilangan feeling pada motor YZR-M1 yang ditungganginya hingga gagal mendapatkan kecepatan maksimal untuk bertarung di persaingan depan. Selama dua musim terakhir dalam karirnya membalap di kelas MotoGP, Estoril bukanlah tempat yang bersahabat baginya dimana The Elbowz gagal finish dalam balapan GP Portugal 2010 dan 2011.
Ben Spies:
“Awal musim yang sangat sulit. Kami pergi ke Estoril dan bertekad untuk memperbaiki posisi dalam klasemen. Sebelumnya saya tidak beruntung saat membalap di Portugal jadi ini waktunya untuk mengubah keadaan dan meraih hasil yang bagus. Kami akan bekerja keras sejak sesi pertama untuk menemukan set up bagus yang bekerja dan mengetahui apa yang dapat kami lakukan pada Hari Minggu.”
Misi untuk menaklukkan Sirkuit Jerez berlangsung berjalan sukses bagi Casey Stoner yang meraih kemenangan pertamanya pada sirkuit sepanjang 4.423 meter tersebut. Target Stoner selanjutnya sudah pasti adalah menggapai kemenangan pertama di Sirkuit Estoril, trek satu-satunya bagi Stoner yang belum dapat ia taklukkan dalam kalender MotoGP sejauh ini.
Saat ini Casey Stoner hanya tertinggal empat poin dari Lorenzo yang merajai klasemen sementara. Sayangnya, ambisi Stoner untuk dapat mengambil alih pimpinan dalam perolehan poin dan meraih kemenangan pertama dapat terancam dengan adanya kendala arm pump yang dikhawatirkan kembali menghambat performa maksimal juara dunia MotoGP 2011 tersebut.
Casey Stoner:
“Sekarang kami pergi untuk balapan GP Portugal akhir pekan ini. Setelah kemenangan kami di Jerez, saya tak sabar untuk pergi ke Estoril dan semoga kami bisa mempertahankan performa yang kami miliki selama dua balapan pertama dimana kami sudah menunjukkan kecepatan yang bagus. Bagaimanapun, kami juga perlu mengatasi masalah arm pump yang membuat kami sedikit lamban dan kami kecewa tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut sebelum Jerez. Pada masa lalu kami sudah memiliki hasil yang sangat bagus di Estoril. Saya memenangkan balapan 250cc pertama kalinya di sana. Juga saya akan berkeinginan untuk mendapat hasil bagus. Namun akan menyenangkan kalau kami bisa membalap dalam cuaca yang lebih baik akhir pekan ini.”
Konstan meraih podium dalam dua balapan awal membakar semangat Dani Pedrosa untuk memperjuangkan kemenangan perdananya pada musim ini dalam balapan sepanjang 28 lap di Estoril akhir pekan ini. Soal prestasi, pembalap yang memiliki berat badan 51 kg tersebut telah mampu memenangkan balapan GP Portugal pada tahun lalu. Pedrosa juga sudah mengantongi empat dari enam podium di kelas premier sepanjang karirnya di Estoril.
Dani Pedrosa:
“Saya senang dengan performa kami dalam dua balapan yang pertama. Hasilnya bagus walau masih belum sempurna. Jadi, saya akan coba untuk memberi tekanan ekstra di Estoril, trek dimana kami sudah meraih kemenangan pertama musim lalu setelah menjalani akhir pekan yang sangat menyenangkan. Akan penting untuk melakukan set up motornya dengan baik pada sirkuit licin seperti ini dan adanya tikungan panjang dan pengereman keras. Ini saat pertama kalinya kami pergi ke sana memakai motor RC213V 1000CC dan posisi pada start selalu penting di Estoril. Kami harus terus bekerja keras seperti yang kami lakukan di Qatar dan Jerez. Semoga cuacanya bagus dan grandstandnya dipenuhi oleh fans dari Spanyol seperti Jerez Minggu lalu, terutama ini merupakan musim terakhir kami balapan di Estoril.”

PUAS DENGAN RACE JEREZ, VALENTINO ROSSI BAKAL UBAH GAYA BALAP SESUAI KARAKTER DUCATI DAN PAKAI SETTINGAN MIRIP KEPUNYAAN HAYDEN


rossiracejerez
Valentino Rossi berniat untuk mengubah gaya balapnya mulai balapan MotoGP Estoril, Portugal yang diselenggarakan pekan depan agar cocok dengan settingan baru yang diklaim lebih sesuai dengan karakter motor Ducati GP12 ketimbang motor Honda dan Yamaha yang dikendarainya pada masa lampau dan usaha tersebut diharapkan dapat memperbaiki penampilannya pada seri selanjutnya.

Selama ini Valentino Rossi berusaha menyesuaikan set up motor Desmosedici agar lebih kompatibel dengan gaya balap ‘motor Jepang’nya. Tetapi Rossi berencana untuk melakukan sebaliknya yang memaksanya untuk mencocokkan gaya balapnya terhadap karakter motor pabrikan asal Bologna tersebut.
Untuk pertama kalinya Valentino Rossi memakai set up motor yang didasarkan pada data yang dimiliki oleh rekan satu timnya, Nicky Hayden. Dengan memakai settingan baru tersebut, Valentino Rossi mendapatkan sejumlah respon positif saat melakoni balapan MotoGP Jerez, Spanyol yang berlangsung pada Hari Minggu dimana juara dunia sebanyak sembilan kali tersebut finish ke-9 setelah memulai start ke-200 di kelas premier di P13.
“Saya cukup puas dengan hasil balapan hari ini,” kata The Doctor usai berlaga dalam 27 lap balapan seri kedua MotoGP 2012 yang berlangsung dalam kondisi kering tersebut. “Tentu saja tidak ada yang fantastis dan kami harus membalap lebih baik, tetapi saya pikir balapan hari ini sangat penting untuk membuat sebuah langkah di balapan selanjutnya. Karena hari ini saya membalap dengan settingan lain yang lebih condong ke gaya khas Ducati.
“Kami tidak beruntung akhir pekan ini karena saya belum sempat mencoba settingan yang sudah kami miliki sejak Hari Jumat pagi tersebut dikarenakan kondisi cuaca yang buruk, jadi kami tidak memiliki waktu untuk memahami dan memulai balapan dengan settingan yang benar-benar baru.
“Saya kehilangan terlalu banyak waktu pada awal race, dan itu sebabnya saya tidak bertarung dengan Nicky dan pembalap lain. Pada akhirnya saya memiliki kecepatan yang cukup bagus. Jadi saya senang untuk menyambut balapan berikutnya. Kami akan mencoba settingan ini sejak awal.
“Sejak melakukan tes pertama memakai motor ini kami sudah mencoba untuk membuat setting yang dapat memberi saya feeling seperti yang saya punya pada masa lalu. Sayangnya cara itu salah. Motor ini harus mendapat perlakuan yang berbeda. Saya harus membalap dengan cara yang sedikit berbeda. Settingan itu lebih mirip seperti yang dimiliki Nicky, lebih cenderung khas settingan Ducati dengan sejumlah modifikasi. Saya perlu memodifikasi racing line dan jalur saat mendekati tikungan. Settingan ini membuat saya mengerem lebih keras dan membawa motor memasuki tikungan dengan cara yang lebih baik. Jadi tiap saya bisa merasa agak lebih baik, saya bisa memodifikasi gaya balap.”

BANTAH SEGERA PENSIUN, CASEY STONER: SAYA MASIH CINTA BALAPAN


Casey Stoner menepis kalau saat ini dirinya tengah memikirkan untuk pensiun dini dari kejuaraan balapan MotoGP.

Selepas pergelaran MotoGP Jerez, Stoner digosipkan bakal mengakhiri karir balapnya di MotoGP lebih cepat. Hal ini diperkuat fakta bahwa masa kontrak juara dunia kelas premier sebanyak dua kali tersebut besama Tim Repsol Honda akan habis pada akhir musim ini.
Menurut rumor yang beredar, Casey Stoner hengkang dari MotoGP dikarenakan memilih fokus untuk meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarganya, khususnya bersama putri pertamanya, Alessandra.
Rencana penurunan gaji pembalap sebagai langkah penghematan biaya balapan di MotoGP disebut-sebut juga turut mempengaruhi keputusan Stoner untuk bertahan di MotoGP. Apalagi kabarnya, gaji Stoner tidaklah sebesar pembalap lain seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.
Selain itu, Stoner juga dirumorkan akan banting setir menjadi rider balap mobil V8 yang memang menjadi bagian dari minatnya.
Tetapi Casey Stoner telah resmi membantah kalau dirinya telah berencana untuk pensiun dini. Meskipun demikian, Stoner membenarkan kalau dirinya tidak akan berkarir terlalu lama di ajang MotoGP.
Dalam pre event MotoGP Portugal yang digelar di Sirkuit Estoril, Casey Stoner menjelaskan: “Saya tidak akan membalap selamanya dan akan pensiun dalam waktu yang tidak terlalu lama. Saya pikir saya akan mengetahui kapan waktu yang tepat. Saya akan bertahan dalam dunia ini (MotoGP) dan akan pensiun jika saya berhenti menikmati balapan. Ada banyak orang yang berkata demikian, dan orang-orang itu (yang memilih untuk pensiun) tidak pernah menikmati balapan selama beberapa saat.
“Uang membuat orang-orang bertahan di sini. Mereka mencari nafkah. Mereka telah mendapatkan gaya hidup yang mereka inginkan. Saya tidak membalap untuk uang ataupun gaya hidup. Saya hadir di sini untuk balapan dan ketika saya berhenti menikmatinya maka saya akan menggantung seragam balap saya dan pulang ke rumah. Saat ini hasil yang kami peroleh bagus. Memang terkadang balapan menjadi sulit tetapi saya masih mencintai balapan.
“Semua orang tampaknya sangat hebat mengada-ada cerita dan menyebar luaskannya. Saya sudah mengatakan berulang kali sebelumnya kalau karir saya tidak akan bertahan lebih lama. Saya tidak akan membalap sampai saya berusia 30an tahun. Buat saya saat ini, saya belum memutuskan apa yang akan saya lakukan. Tentunya tiada seorangpun yang tahu apa yang akan saya lakukan. Jadi, seperti biasa, rumor membuat orang mulai percaya apa yang sudah mereka baca. Sampai Anda mendengarnya dari mulut saya sendiri, jangan percaya apapun yang Anda baca.
“Sejumlah kontrak pembalap akan habis akhir tahun ini. Tetapi tidak ada yang dilakukan jika pensiun saat itu. Sebenarnya masa depan saya dan berapa tahun lagi saya ingin balapan merupakan sesuatu yang harus saya pikirkan. Tetapi saya tidak hendak memikirkannya sekarang.”