tranlate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 28 April 2012

HASIL KUALIFIKASI MOTOGP JEREZ: JORGE LORENZO START TERDEPAN


Jorge Lorenzo berhasil meraih pole position dalam sesi kualifikasi yang berlangsung di lintasan Jerez yang kering. Catatan waktu 1 menit 39.532 detik mengantarnya untuk memulai balapan MotoGP Jerez dari grid terdepan.

Kualifikasi yang berjalan selama 60 menit tersebut berlangsung ketat dengan hujan turun pada pertengahan sesi walaupun hanya selama beberapa menit. Trek dapat mengering dengan cepat dan Dani Pedrosa sukses mengamankan posisi start kedua.
Nicky Hayden tampil gemilang dalam sesi kualifikasi dan berhak untuk start di front-row. Cal Crutchlow mendominasi awal sesi kualifikasi. Tetapi akibat mengalami crash di tikungan pertama, posisinya harus rela melorot ke urutan keempat.
Casey Stoner yang belum pernah memenangkan balapan di Jerez bakal start kelima dibuntuti oleh Spies, Dovizioso dan Bautista. Stefan Bradl bertahan di posisi kesembilan dan pada saat balapan Hari Minggu ia akan dibayangi oleh Randy de Puniet yang berhasil menjadi rider CRT tercepat.
Valentino Rossi kembali mendapatkan posisi start buruk dan akan memulai 27 lap balapan MotoGP Spanyol di grid ke-13.
Berikut hasil kualifikasi MotoGP Spanyol yang diselenggarakan di Sirkuit Jerez pada Hari Sabtu, 28 April 2012
Saturday’s Qualifying Practice (QP) results:
Pos. Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time Gap 1st/Prev.
1 99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 282.1 1’39.532
2 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 283.5 1’39.667 0.135 / 0.135
3 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 282.3 1’40.563 1.031 / 0.896
4 35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 281.7 1’40.570 1.038 / 0.007
5 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 285.9 1’40.577 1.045 / 0.007
6 11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 280.9 1’41.090 1.558 / 0.513
7 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 284.0 1’41.180 1.648 / 0.090
8 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda 286.9 1’41.447 1.915 / 0.267
9 6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 287.3 1’41.550 2.018 / 0.103
10 14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 265.6 1’41.700 2.168 / 0.150
11 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 284.2 1’41.724 2.192 / 0.024
12 8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati 288.8 1’41.871 2.339 / 0.147
13 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 282.3 1’42.961 3.429 / 1.090
14 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 267.7 1’43.135 3.603 / 0.174
15 51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR 268.2 1’43.363 3.831 / 0.228
16 54 Mattia PASINI ITA Speed Master ART 266.5 1’44.308 4.776 / 0.945
17 68 Yonny HERNANDEZ COL Avintia Blusens BQR 269.5 1’44.467 4.935 / 0.159
18 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing Project Ioda 257.4 1’44.645 5.113 / 0.178
19 22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 261.4 1’44.717 5.185 / 0.072
20 77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 264.8 1’45.724 6.192 / 1.007
21 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 264.5 1’46.200 6.668 / 0.476

Jumat, 27 April 2012

VALENTINO ROSSI START KE-200 DI MOTOGP JEREZ


Pada balapan MotoGP Spanyol Hari Minggu ini, Valentino Rossi bakal menjadi pembalap ketiga dalam sejarah balapan MotoGP yang meraih start ke-200 di kelas premier.

Pada era 500cc, Valentino Rossi memulai debut balapan di kelas MotoGP pada musim 2000 dalam balapan pembuka GP Afrika Selatan yang digelar di Sirkuit Welkom.
Kini pada tahun ke-13nya membalap di kelas MotoGP, walaupun dengan Ducati Rossi sudah lama tidak meraih kemenangan sejak GP Malaysia 2010 saat masih bersama Yamaha, tetapi The Doctor masih menjadi pembalap kelima terlama yang mempertahankan kemenangan sepanjang karirnya, yakni terhitung 10 tahun 93 hari (antara kemenangan pertamanya di kelas 500cc di Donington Park tahun 2000 dan Sepang 2010).
Hanya Alex Barros, Phil Read, Giacomo Agostini dan Loris Capirossi yang memiliki rentang kemenangan lebih lama dari Valentino Rossi dalam karir mereka. Bagaimanapun, jika di masa mendatang Rossi mampu meraih kemenangan kembali maka dia akan meraih rekor pembalap dengan rentang kemenagan paling lama dalam karirnya.
Valentino Rossi juga merupakan pembalap paling sukses di Sirkuit Jerez dengan memboyong enam kemenangan saat berlaga di trek tersebut dalam kelas MotoGP.
Berikut ini merupakan pembalap dengan raihan start terbanyak di kelas MotoGP:
1. Alex Barros 245
2. Loris Capirossi 217
3. Valentino Rossi 199
4. Carlos Checa 194
5. Kenny Roberts Jnr 167
6. Sete Gibernau 160
7. Jack Findlay 157
8. Colin Edwards 153
9. Nicky Hayden 152
10. Randy Mamola 145

DANI PEDROSA INGINKAN KADO UNTUK PERMANIS START KE-100 DI MOTOGP JEREZ


Dani Pedrosa berkeinginan untuk memperoleh kado indah saat pembalap Repsol Honda Team tersebut melakukan start balapan kelas MotoGP ke-100 yang bakal diselenggarakan di kampung halamannya, yakni Spanyol.

Sirkuit Jerez yang biasanya dijejali dengan banyak fans akan menambah semangat Dani Pedrosa untuk meraih kemenangan ketiga kalinya di sirkuit sepanjang 4.423 meter tersebut.
The Little Spaniard telah memenangkan MotoGP Jerez sebanyak dua kali, yakni pada musim 2005 dan 2008. Pembalap bertubuh mengil tersebut juga telah mampu berdiri di atas podium Jerez sebanyak lima kali.
Pedrosa, yang sejauh ini berhasil mengoleksi 20 poin dalam klasemen sementara tersebut berkata: “Di Jerez kami selalu memiliki komitmen lebih dari normal. Tes pra musim di Jerez membuahkan hasil positif bagi kami, kami memiliki feeling yang bagus terhadap motor tersebut dan menyelesaikan tes dengan gembira. Jadi, saya tak sabar pergi ke sana untuk balapan akhir pekan ini. Kami harus fokus dan menjalani sesi kualifikasi dengan baik untuk memperoleh posisi start yang bagus.
“Saya suka Jerez dan dukungan yang menggairahkan dari fans Spanyol. Saya berharap grandstand-nya terisi penuh kembali yang akan menambah atmosfer unik di sana. Kami menjalani balapan yang bagus di Qatar dan bisa naik podium di seri awal itu penting. Tetapi, kami tak dapat bersantai. Kami akan membalap dengan kuat akhir pekan ini. Kami juga terus mengawasi cuaca. Mari berharap cuacanya tidak berubah-ubah.”

JELANG MOTOGP SPANYOL: CASEY STONER PELAJARI DATA YAMAHA


Menjelang MotoGP Spanyol yang dihelat di Sirkuit Jerez akhir pekan ini, Casey Stoner tidak merasa gentar akan kecepatan yang ditunjukkan pembalap Yamaha yang mampu memenangkan balapan perdana MotoGP 2012 di Losail International Circuit melalui jasa Jorge Lorenzo. Menurut Stoner, tak ada perbedaan besar antara performa motor YZR-M1 dan RC213V saat ini. Casey Stoner bahkan mempelajari data Yamaha yang diharapkan dapat menemukan sebuah jalan untuk menyelesaikan sejumlah masalah, seperti problem getar yang tidak dirasakan oleh Jorge Lorenzo dan Ben Spies.

Juara dunia MotoGP 2011 tersebut menjelaskan: ”Saya melihat bagaimana Yamaha bekerja dan sebenarnya saya melihat cara kerja yang sangat mirip seperti yang dilakukan oleh Honda. Ini membuat balapan lebih mudah. Saat kami melihat adanya kemiripan, dalam beberapa poin lebih mudah untuk mendekat dan menyalip. Saya sudah mempelajari poin akselerasi mereka yang sangat mirip dengan Honda.

“Cara Jorge membalap dengan motornya sangat mirip dengan Dani Pedrosa dan saya ketika memakai motor kami. Dia tidak memiliki cukup corner speed seperti yang dia miliki pada masa lalu, namun dia memiliki lebih banyak akselerasi. Dia mengerem sedikit lebih keras daripada saat membalap memakai motor 800cc, dan Jorge memiliki lebih sedikit mid corner speed dan tidak memiliki chatter.
“Itulah satu hal yang saya perhatikan mengenai Yamaha, yakni mereka tidak memiliki chatter. Kami harus melihat bagaiamana keadaannya pada sirkuit yang berebada dan bagaimana motor kami bereaksi. Kelihatannya Yamaha tak terhentikan di Qatar karena mereka mereka memperoleh kecepatan, tetapi pada saat yang sama kami juga membuat performa kami tampak lebih buruk daripada sesungguhnya.
“Kenyataannya, di sana balapan berjalan positif bagi kami namun saya pikir kami bisa mengambil sedikit data atas apa yang telah kami ketahui dari Yamaha dan mencoba untuk menyelesaikan beberapa masalah, kemudian jika itu berhasil maka akan menyenangkan kami.
“Kami memiliki banyak pekerjaan untuk dilakukan untuk membuat motor kami lebih baik. Tetapi bahkan dengan motor yang tidak sempurna saya masih bisa berada dalam posisi untuk memenangkan balapan pertama. Dan Anda tak seharusnya mencemaskan hal tesebut kecuali terdapat gap yang sangat besar, maka Anda perlu mengkhawatirkan kejuaraan.
“Saya tak mengira ada perbedaan besar antara performa motor Honda, Yamaha dan Ducati saat ini.”

PARA PEMBALAP JEMPOLAN MOTOGP CEMASKAN PERFORMA BAN, CUACA DAN STRATEGI PIT DI BALAPAN JEREZ


danipedrosafp2
Para pembalap jempolan MotoGP seperti Casey Stoner, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso mengeluhkan performa ban Bridgestone yang cepat terdegradasi hanya setelah beberapa lap walaupun memakai kompon yang lebih keras dalam kondisi basah.

Casey Stoner yang menyelesaikan sesi latihan bebas kedua di posisi keempat menjelaskan, “Setelah beberapa lap yang saya lakukan hari ini, bagian tengah ban sudah habis, kurang lebih sama seperti yang terjadi pada balapan tahun lalu. Ban semua pembalap habis dengan cepat.
“Bridgestone sudah membawa kompon yang lebih keras tetapi karena kami mendapat sedikit grip saat memakai ban tersebut, Anda hanya akan merasakan lebih banyak sliding.
“Lebih banyak Anda mengalami sliding maka lebih tinggi temperatur ban yang harus Anda Hasilkan dan pada empat lap terakhir kami mengalami sliding sepanjang dua trek lurus yang ada. Jika kondisinya 50/50, maka tidak bagus untuk ketahanan ban.
Valentino Rossi memperkirakan jika kondisi trek mengering setelah beberapa lap membalap di lintasan basah, maka para pembalap MotoGP akan masuk ke pit untuk mengganti ban.
“Kondisi yang sangat penting adalah kalau kami bisa membalap seperti tahun lalu dimana banyak genangan air di lintasan,” kata The Doctor yang menyelesaikan sesi Free Practice 2 di urutan kedua. “Ini menjadi sulit bagi semua pembalap karena bannya habis sangat cepat jadi mungkin balapan kali ini akan menjadi sulit jika kondisinya setengah-setengah.
“Masalahnya juga merambat pada ban depan. Jika balapan dimulai seperti kondisi pada sore ini (FP2), terlalu beresiko untuk memulai balapan dengan ban slick. Anda harus mencoba dan mengatur bannya hingga akhir balapan atau sampai Anda berhenti (di pit) untuk mengganti ban. Tetapi Anda bisa kehilangan banyak waktu. Berlatih untuk mengganti ban dengan cepat mungkin ide yang bagus saat ini.”
Jorge Lorenzo tidak dapat menyembunyikan raut kekecewaannya akibat kurangnya daya cengkram pada kondisi basah, dan pembalap yang finish ketiga dalam sesi FP2 tersebut mengatakan, “Jika kondisinya seperti hari ini maka kami tidak akan menjadi yang tercepat, jadi kami perlu menghasilkan sejumlah grip pada ban belakang.”
Sama seperti pembalap lain, Cal Crutchlow menginginkan konsistensi cuaca saat balapan seri kedua MotoGP 2012 tersebut, dan ia berkata, “Tidak ada grip sama sekali. Rasanya seperti membalap dengan ban slick saat hujan. Cuacanya harus tetap hujan, karena jika hujannya berhenti maka kami berada dalam masalah. jika kami membalap seperti tahun lalu, saya akan masuk ke pit karena kami hanya mencoba. Kemudian saya akan keluar dengan ban slick, tetapi tak ada untungnya. Saya tak dapat mengubah gigi karena bannya sliding.”
Rekan satu tim Crutchlow dalam tim Yamaha Tech3 Andrea Dovizioso menambahkan, “Tidak ada cukup air dengan temperatur sebesar itu. Kejadiannya seperti tahun lalu. Anda tidak memiliki traksi setelah tiga lap karena bannya overheat. Kondisinya sangat berbahaya karena bannya terlalu lunak.”
Pembalap yang tercepat dalam sesi FP2, yakni Dani Pedrosa berencana mengatur strategi untuk mengantisipasi kondisi tersebut sejak sesi kualifikasi. Pembalap tuan rumah tersebut mengatakan, “Kami harus cerdas dan cepat karena kondisinya bisa berubah dengan mudah dan dalam satu menit bisa menjadi waktu pilihan untuk mencetak pole, tetapi satu menit setelahnya bisa berubah menjadi bencana. Jadi, marilah kita fokus dan mencoba untuk melakukan pekerjaan dengan bagus.”

VALENTINO ROSSI: KAMI BISA KOMPETITIF JIKA TREK JEREZ BASAH


valentinorossijerezfp
Valentino Rossi dapat memastikan kalau memakai motor Ducati GP12 dalam balapan basah, dirinya akan dapat tampil kompetitif dan bertarung untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Valentino Rossi yang akan memulai start ke-200 di kelas MotoGP pada Hari Minggu datang ke Jerez dengan menguji dua motor, yakni yang ia pakai saat melakukan tes pra musim di Jerez dan motor yang kedua memakai settingan saat membalap di Qatar.
Hasilnya, juara dunia MotoGP sebanyak sembilan kali tersebut mendapatkan feeling yang ia butuhkan saat mengerem dan berbelok saat kondisi medan basah, hingga dapat menempatkan dirinya menyelesaikan sesi latihan bebas kedua di posisi kedua, dan catatan waktunya terpaut 0.6 sekon dari Dani Pedrosa.
Tetapi jika kondisi saat balapan kering, maka Valentino Rossi merasa ragu untuk dapat tampil kompetitif.
Valentino Rossi menjelaskan, “Saya jauh lebih menikmati untuk membalap motor ini pada kondisi basah daripada saat berada di trek kering, dan ini sangat aneh karena biasanya tampaknya motor ini lebih baik saat dibesut dalam kondisi kering.
“Karena beberapa alasan, pada kondisi basah saya bisa mengerem dan memasuki tikungan seperti yani saya inginkan namun saya tidak memiliki feeling yang sama jika treknya kering. Kami tidak tahu mengapa. Akan tetapi kami tidak mengerti kenapa kami memiliki masalah saat membalap di lintasan kering, dan untuk sejumlah alasan, kami tidak tahu mengapa kami begitu cepat di trek basah. Mungkin kedua pertanyaan tersebut memiliki alasan yang sama.
“Kembali ke depan dan finish di posisi kedua rasanya sangat menyenangkan. Ini penting bagi kami terutama karena tahun lalu dengan memakai motor yang lama saya selalu bisa kompetitif saat balapan basah. Jadi kami harus memastikan dengan motor yang baru, kami tetap kompetitif. Kelihatannya ini merupakan poin bagus yang ada pada versi baru motor ini.
“Sekarang kami harus menunggu kondisinya besok dan Minggu, karena sepertinya ramalan cuacanya sangat buruk namun saya kira, saat diguyur hujan kami bisa cukup kompetitif. Kami harus sedikit bekerja pada beberapa hal dan mencoba untuk memperbaikinya namun performa saya sudah bagus dan motor saya memiliki kecepatan yang bagus. Bagi saya, kami sungguh kompetitif di trek basah, jadi jika kondisinya tetap seperti ini, kami bisa bertarung untuk mendapatkan hasil bagus. Sayangnya, saya perkirakan, kalau kondisinya kering, kami tidak begitu kompetitif.”

HASIL FREE PRACTICE 2 MOTOGP JEREZ: PEDROSA PERTAMA, ROSSI KEDUA DI LINTASAN BASAH


Sesi free practice pertama MotoGP Jerez berlangsung dalam kondisi lintasan setengah basah dan setengah kering yang dianggap terlalu berbahaya hingga menyebabkan sedikit pembalap yang keluar lintasan dalam waktu singkat. Sementara pada sesi latihan bebas kedua, kondisi trek tetap basah karena sempat diguyur hujan namun lebih memungkinkan bagi para pembalap untuk mencatatkan waktu. Dalam kondisi lintasan basah, Dani Pedrosa menjadi pembalap tercepat yang merajai sesi free practice 2 dengan catatan waktu 1 menit 50.780 detik. Valentino Rossi membuktikan kebolehannya untuk membalap di trek basah dengan menjadi rider tercepat kedua dalam sesi yang berlangsung selama 45 menit tersebut dengan raihan waktu 0.6 detik di belakang Pedrosa.

Jorge Lorenzo menjadi pembalap Yamaha terdepan yang finish di belakang Rossi disusul Casey Stoner yang kali ini menempati posisi keempat.
Berikut ini hasil sesi latihan bebas MotoGP Spanyol yang diselenggarakan di Sirkuit Jerez pada Hari Jumat, 27 April 2012
Friday’s Free Practice 2 (FP2) results:
Pos. Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time Gap 1st/Prev.
1 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 275.4 1’50.780
2 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 275.9 1’51.440 0.660 / 0.660
3 99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 275.7 1’51.873 1.093 / 0.433
4 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda 277.3 1’52.106 1.326 / 0.233
5 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team Ducati 272.1 1’52.254 1.474 / 0.148
6 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 276.1 1’53.070 2.290 / 0.816
7 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda 273.3 1’53.166 2.386 / 0.096
8 35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 272.7 1’53.352 2.572 / 0.186
9 11 Ben SPIES USA Yamaha Factory Racing Yamaha 271.9 1’53.409 2.629 / 0.057
10 6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 273.3 1’53.409 2.629
11 14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 256.4 1’54.155 3.375 / 0.746
12 54 Mattia PASINI ITA Speed Master ART 261.5 1’54.370 3.590 / 0.215
13 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati 273.4 1’54.378 3.598 / 0.008
14 8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati 274.5 1’54.581 3.801 / 0.203
15 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 260.3 1’54.707 3.927 / 0.126
16 22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 260.7 1’54.748 3.968 / 0.041
17 68 Yonny HERNANDEZ COL Avintia Blusens BQR 259.0 1’54.915 4.135 / 0.167
18 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing
Project Ioda 248.8 1’55.752 4.972 / 0.837
19 51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR 259.1 1’56.067 5.287 / 0.315
20 77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 254.1 1’57.475 6.695 / 1.408
21 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 257.3 1’57.789 7.009 / 0.314