tranlate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 27 April 2012

JELANG MOTOGP SPANYOL: CASEY STONER PELAJARI DATA YAMAHA


Menjelang MotoGP Spanyol yang dihelat di Sirkuit Jerez akhir pekan ini, Casey Stoner tidak merasa gentar akan kecepatan yang ditunjukkan pembalap Yamaha yang mampu memenangkan balapan perdana MotoGP 2012 di Losail International Circuit melalui jasa Jorge Lorenzo. Menurut Stoner, tak ada perbedaan besar antara performa motor YZR-M1 dan RC213V saat ini. Casey Stoner bahkan mempelajari data Yamaha yang diharapkan dapat menemukan sebuah jalan untuk menyelesaikan sejumlah masalah, seperti problem getar yang tidak dirasakan oleh Jorge Lorenzo dan Ben Spies.

Juara dunia MotoGP 2011 tersebut menjelaskan: ”Saya melihat bagaimana Yamaha bekerja dan sebenarnya saya melihat cara kerja yang sangat mirip seperti yang dilakukan oleh Honda. Ini membuat balapan lebih mudah. Saat kami melihat adanya kemiripan, dalam beberapa poin lebih mudah untuk mendekat dan menyalip. Saya sudah mempelajari poin akselerasi mereka yang sangat mirip dengan Honda.

“Cara Jorge membalap dengan motornya sangat mirip dengan Dani Pedrosa dan saya ketika memakai motor kami. Dia tidak memiliki cukup corner speed seperti yang dia miliki pada masa lalu, namun dia memiliki lebih banyak akselerasi. Dia mengerem sedikit lebih keras daripada saat membalap memakai motor 800cc, dan Jorge memiliki lebih sedikit mid corner speed dan tidak memiliki chatter.
“Itulah satu hal yang saya perhatikan mengenai Yamaha, yakni mereka tidak memiliki chatter. Kami harus melihat bagaiamana keadaannya pada sirkuit yang berebada dan bagaimana motor kami bereaksi. Kelihatannya Yamaha tak terhentikan di Qatar karena mereka mereka memperoleh kecepatan, tetapi pada saat yang sama kami juga membuat performa kami tampak lebih buruk daripada sesungguhnya.
“Kenyataannya, di sana balapan berjalan positif bagi kami namun saya pikir kami bisa mengambil sedikit data atas apa yang telah kami ketahui dari Yamaha dan mencoba untuk menyelesaikan beberapa masalah, kemudian jika itu berhasil maka akan menyenangkan kami.
“Kami memiliki banyak pekerjaan untuk dilakukan untuk membuat motor kami lebih baik. Tetapi bahkan dengan motor yang tidak sempurna saya masih bisa berada dalam posisi untuk memenangkan balapan pertama. Dan Anda tak seharusnya mencemaskan hal tesebut kecuali terdapat gap yang sangat besar, maka Anda perlu mengkhawatirkan kejuaraan.
“Saya tak mengira ada perbedaan besar antara performa motor Honda, Yamaha dan Ducati saat ini.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar