tranlate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 04 April 2012

LORIS CAPIROSSI: DUCATI PERLU WAKTU UNTUK MENYODOK PERSAINGAN DEPAN

valejerez2
Loris Capirossi mengatakan kalau Ducati memerlukan waktu untuk dapat membuktikan kebolehan motor Desmosedici GP12 mereka agar dapat bersaing memperebutkan podium bersama Honda dan Yamaha.

Motor baru Ducati tersebut hanya diuji selama beberapa hari oleh Valentino Rossi dan Nicky Hayden selama tes pra musim yang sempat beberapa kali terganggu oleh faktor cuaca.
Motor yang dibuat di Bologna selama tiga bulan tersebut mengadopsi sasis alumunium twin spar dan perubahan desain untuk memberikan front end feeling yang lebih baik dan mendepak masalah understeer yang dijumpai pada motor GP11.
Tetapi gejala understeer masih membayangi laju Valentino Rossi selama tes pra musim MotoGP 2012 hingga membuat juara dunia MotoGP sebanyak tujuh kali tersebut ragu untuk dapat mengakhiri paceklik podium pada balapan pertama yang akan berlansung di Losail, Qatar akhir pekan ini.
Eks pembalap Pramac Ducati, Loris Capirossi meyakini kalau Ducati memerlukan waktu lebih banyak untuk membenahi motor berkapasitas 1000cc tersebut. Menurutnya Ducati juga belum cukup berpengalaman seperti Honda dan Yamaha untuk mengusung konsep penggunaan rangka twin spar.
Capirossi yang gantung helm dari dunia balap dan saat ini menjadi penasihat keamanan di MotoGP mengatakan: “Sejak akhir 2011, Ducati sudah melakukan pekerjaan dengan luar biasa.. Mereka membuat motor baru dari November hingga Januari. Dan saya sudah lama membalap bersama Ducati dan saya tahu mereka akan berusaha keras.
“Masalahnya mereka tidak memiliki waktu dan mereka tidak begitu berpengalaman terhadap tipe chassis yang baru. Motornya mengusung konsep yang sepenuhnya berbeda. Mustahil untuk membuat satu atau dua chassis untuk segera mengetahui yang mana yang bekerja seperti yang Anda inginkan.
“Yang lain sudah bekerja selama sepuluh hingga dua puluh tahun pada sistem tersebut tetapi masalahnya Anda tidak memiliki waktu untuk memperbaikinya. Anda memerlukan motor ini agar bisa segera melaju dengan cepat. Tetapi mereka masih terjebak dalam permasalahan dan sepertinya motor tersebut belum siap untuk bersaing di depan.”
Loris Capirossi mengusulkan kalau teknisi Ducati seharusnya tak hanya berkutat pada chassis baru Desmosedici tetapi juga memperhatikan karakter mesin pada motor tersebut.
Loris Capirossi menjelaskan, “Chassis merupakan hal yang sangat penting, tetapi mesin juga bagian yang amat penting. Ducati sudah berupaya keras terhadap chassis dan mereka perlu memperhatikan mesinnya.
“Mesin tersebut memiliki cukup tenaga tapi mungkin mereka harus mempertimbangkan untuk mengganti sesuatu. Mungkin mesinnya tidak ramah dan terlalu agresif sehingga memberikan permasalahan untuk chassisnya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar